Pengolahan Skor Mentah dalam Kegiatan Asesmen Pembelajaran Bahasa

PENGOLAHAN SKOR MENTAH DALAM KEGIATAN ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA


Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd


Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
 
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan
 
Dalam kurikulum 2006 telah ditentukan kompetensi dan indikator yang harus dicapai. Oleh karena itu, acuan penilaian yang lebih tepat untuk digunakan adalah Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan patokan penilaian yang secara eksplisit jelas dan tersedia. Acuan norma (PAN) baru digunakan apabila ingin melihat kedudukan individu dalam kelompoknya.
A.    Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Penilaian Acuan Patokan (PAP) merupakan penilaian yang dilakukan dengan cara membandingkan skor hasil tes siswa dengan suatu patokan yang telah ditetapkan, yang akan dijadikan standar kelulusan atau pemberian nilai tertentu. Patokan yang dipakai dalam PAP bersifat tetap dan dapat dipakai untuk siswa manapun. Oleh karena patokan yang dipakai bersifat tetap, maka standar penilaian ini disebut standar mutlak.
Dalam mengolah skor mentah menjadi nilai dengan menggunakan penilaian acuan patokan dapat menggunakan empat jenis skala.
1)      PAP Skala Lima
Skala lima adalah suatu pembagian tingkatan yang terbagi menjadi lima ketegori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyatakan dengan huruf A, B, C, D, dan E.
2)      PAP Skala Sembilan
Skala Sembilan adalah suatu pembagian tingkatan yang terbagi menjadi sembilan kategori. Masing masing tingkatan biasanya dinyatakan dengan angka 1 sampai dengan 9.
3)      PAP Skala Sepuluh
Skala sepuluih adalah sutu pembagian tingkatan yang terbagi menjadi sepuluh kategori. Masing masing tingkatan biasanya dinyatakan dengan angka 1 sampai dengan sepuluh.
4)      PAP Skala Sebelas
Skala sebelas adalah suatu pembagian tingkatan yang terbagi menjadi sebelas kategori. Masing-masing tingkatan biasanya dinyatakan dengan angka 0 sampai 10.
B.     PENILAIAN ACUAN NORMA (PAN)
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah suatu norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian, skor standar yang dicapai oleh siswa yang didasarkan norma relatif ini mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Penilaian dengan acuan ini dapat digunakan apabila pendidik menghadapi kurikulum yang bersifat dinamis, artinya materi pelajaran yang dikembangkan selalu berubah sesuai dengan tuntutan lingkungan dan zaman, sehingga pendidik agak sulit menetapkan kriteria ‘benar’ dan ‘salah’ secara kaku.
Pedoman yang dipergunakan untuk mengubah skor mentah menjadi skor standar pada PAN didasarkan atas Mean dan Standar Deviasi. Mean dan Standar Deviasi tersebut dicari dengan menggunakan rumus statistik berdasarkan distribusi skor mentah yang dicapai oleh para pengikut tes.
Penilaian dengan menggunakan Acuan Norma dapat dibeda-bedakan menurut jenis skala yang dipergunakan seperti berikut:
1)      PAN Skala Lima
2)      PAN Skala Sembilan
3)      PAN Skala Sepuluh
4)      PAN Skala Sebelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran

Makalah Analisis Wacana dalam Pembelajaran Bahasa

Reliabilitas Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa