Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN


Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd


Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
 
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan

Dalam sebuah pembelajaran bahasa pada jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Ada kalanya tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan karena pengajar kurang pandai dalam memilih strategi pembelajaran untuk anak didiknya. Pemilihan strategi pembelajara memuat dua hal penting, yakni pemilihan strategi belajar yang harus dilakukan peserta didik dan pemilihan strategi mengajar yang harus dilakukan pengajar.
Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran dan hal itu harus bena-benar diperhatikan oleh orang orang yang terlihat dalam pembelajaran, baiklangsung maupun tidak langsung.
1.      Karakteristik Peserta Didik
Peserta didik sebagai orang yang belajar merupakan subjek yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam pemilihan startegi pembelajaran yang tepat, pengajar harus memperhatikan karakteristik peserta didik. Karakteristik peserta didik itu anatra lain sebagai berikut:
a.       Kematangan Mental dan Kecakapan Intelektual
b.      Kondisi Fisik dan Kecakapan Psikomotor
c.       Umur
d.      Jenis Kelamin
2.      Kompetensi Dasar yang Diharapkan
Kompetensi dasar adalah pernyataan minimal atau memadahi tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nila-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah peserta didik menyelesaikan suatu aspek atau subaspek mata pelajaran tertentu.
3.      Bahan Ajar
Bahan ajar merupakan seperangkat informasi yang ahrus diserap peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan. Peserta didik harus benar-benar merasakan manfaat bahan ajar atau materi itu seletah ia mempelajarainya. Secara umum sifat abhaan ajar dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan.
4.      Waktu yang Tersedia
Melalui perhitungan waktu dalam satu tahun ajaran berdasarkan waktu-waktu efektif pembelajaran bahasa, rata-rata lima jam pelajaran/minggu untuk mencapai dua atau tiga kompetensi dasar. Pencapaian kompetensi tersebut harus dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan strategi yang disesuaikan dengan waktu yang tersedia.
5.      Sarana/Prasarana Belajar
Sarana belajar adalag segala sesuatu yang langsung dapat dipakai peserta didik dalam belajar untuk mencapai suatu kompetensi dasar tertentu. Misalnya, buku paket, kamus, ensiklopedia, peta, alat peraga. Sedangakan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Prasarana belajar bahasa misalnya, laboratorium bahasa, ruang belajar, kelas yang luas, pedium, dan lain-lain.
6.      Kemampuan /Kecakapan Pengajar Memilih dan Menggunakan Startegi Pembelajaran Bahasa
Salah satu tujuan utama pembelajaran bahasa adalah memepersiapkan peserta didik untuk melakukan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah. Agar interaksi dapat bermakna bagi peserta didik dan dapat mencapai kompetensi dasar tertentu, pengajar dituntut untuk lebih memiliki kemampuan atau kecakapan dalam menjalankan profesionalismenya. Di samping memiliki kemampuan penguasan keilmuan pengajar juga harus memiliki kemampuan dan penguasaan memilih dan menerapkan strategi yang didalamnya terdapat pendekatkan, metode, dan teknik secara baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Analisis Wacana dalam Pembelajaran Bahasa

Reliabilitas Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa