Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan
Dalam sebuah pembelajaran bahasa pada
jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi diperlukan pemilihan strategi
pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan
maksimal. Ada kalanya tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana yang
diharapkan karena pengajar kurang pandai dalam memilih strategi pembelajaran
untuk anak didiknya. Pemilihan strategi pembelajara memuat dua hal penting,
yakni pemilihan strategi belajar yang harus dilakukan peserta didik dan
pemilihan strategi mengajar yang harus dilakukan pengajar.
Banyak faktor yang mempengaruhi
pemilihan strategi pembelajaran dan hal itu harus bena-benar diperhatikan oleh
orang orang yang terlihat dalam pembelajaran, baiklangsung maupun tidak
langsung.
1.
Karakteristik Peserta Didik
Peserta didik sebagai orang yang belajar
merupakan subjek yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam pemilihan
startegi pembelajaran yang tepat, pengajar harus memperhatikan karakteristik
peserta didik. Karakteristik peserta didik itu anatra lain sebagai berikut:
a.
Kematangan Mental dan Kecakapan Intelektual
b.
Kondisi Fisik dan Kecakapan Psikomotor
c.
Umur
d.
Jenis Kelamin
2.
Kompetensi Dasar yang Diharapkan
Kompetensi dasar adalah pernyataan
minimal atau memadahi tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nila-nilai
yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah peserta didik
menyelesaikan suatu aspek atau subaspek mata pelajaran tertentu.
3.
Bahan Ajar
Bahan ajar merupakan seperangkat
informasi yang ahrus diserap peserta didik melalui pembelajaran yang
menyenangkan. Peserta didik harus benar-benar merasakan manfaat bahan ajar atau
materi itu seletah ia mempelajarainya. Secara umum sifat abhaan ajar dapat
dibedakan ke dalam beberapa kategori yaitu fakta, konsep, prinsip, dan
keterampilan.
4.
Waktu yang Tersedia
Melalui perhitungan waktu dalam satu
tahun ajaran berdasarkan waktu-waktu efektif pembelajaran bahasa, rata-rata
lima jam pelajaran/minggu untuk mencapai dua atau tiga kompetensi dasar.
Pencapaian kompetensi tersebut harus dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan
strategi yang disesuaikan dengan waktu yang tersedia.
5.
Sarana/Prasarana Belajar
Sarana belajar adalag segala sesuatu
yang langsung dapat dipakai peserta didik dalam belajar untuk mencapai suatu
kompetensi dasar tertentu. Misalnya, buku paket, kamus, ensiklopedia, peta,
alat peraga. Sedangakan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan
penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Prasarana belajar bahasa
misalnya, laboratorium bahasa, ruang belajar, kelas yang luas, pedium, dan
lain-lain.
6.
Kemampuan /Kecakapan Pengajar Memilih dan Menggunakan Startegi
Pembelajaran Bahasa
Salah satu tujuan utama pembelajaran
bahasa adalah memepersiapkan peserta didik untuk melakukan interaksi yang
bermakna dengan bahasa yang alamiah. Agar interaksi dapat bermakna bagi peserta
didik dan dapat mencapai kompetensi dasar tertentu, pengajar dituntut untuk
lebih memiliki kemampuan atau kecakapan dalam menjalankan profesionalismenya.
Di samping memiliki kemampuan penguasan keilmuan pengajar juga harus memiliki
kemampuan dan penguasaan memilih dan menerapkan strategi yang didalamnya
terdapat pendekatkan, metode, dan teknik secara baik.
Komentar
Posting Komentar