Pemilihan, Seleksi Bahan, dan Materi Pembelajaran

PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN


Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, S.S., M.Pd


Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
 
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan



Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan memberika pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan, baik kawasan belajar kognitif, efektif, maupun psikomotor. Baik pengajar maupun dosen perlu memiliki pengetahuan dan ketrampilan merencanakan kegiatan pembelajaran, atau yang sering kita sebut seni memberikan pengalaman belajar. Kegiatan pembelajaran juga dapat memunculkan berbagai macam pola, baik berdasarkan jumlah peserta didik maupun interaksi antar peserta didik dan antar pengajar.
            Pemilihan pola kegiatan pembelajaran perlu dilaksanakan agar tujuan pengajaran baik umum maupun khusus dapat tercapai, baik landasan kognitif, psikomotor, maupun afekif. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku yang diinginkan peserta didik setelah terjadinya PBM. Bahkan pelajaran dapat mengantarkan peserta didik dalam pencapaian tujuan; bagaimana PBM dilaksanakan agar pengajar dan peserta didik mencapai tujuan secara afektif, dan bagaimana menciptakan evaluasi yang tepat. Perencanaan, persiapan sebelum mengajar akan memantapkan pengajar ketika tampil di depan kelas, perencaan yang matang juga dapat menimbulkan banyak inisiatif dan daya kreatif pengajar waktu mengajar, dapat pula meningkatkan interaksi pembelajaran antara pengajar dan peserta didik. Oleh karena itu, sebuah perencanaan seluruh proses pembelajaran harus dikuasai pengajar.
            Setelah mengalami proses pendidikan dan pengajaran, peserta didik diharapkan menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab, berkepribadian, dan bermoral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran

Makalah Analisis Wacana dalam Pembelajaran Bahasa

Reliabilitas Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa