Evaluasi Pembelajaran Bahasa

EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA


Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd


Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
 
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan
 
Secara umum dapat dikemukakan bahwa testing bahasa (language testing) secara garis besar dibagi atas empat kelompok yaitu 1) proficiency, 2) placement, 3) diagnosis, 4) achievement. Sedangkan, untuk mengubah skor mentah menjadi skor standar, yakni dengan criterion-referenced test dan norm referenced test.
 
Pengujian validitas tes, reliabilitas tes, dan uji signifikansinya juga hal yang penting dilakukan. Rangkaian pengujian alat evaluasi ini bermakna diterima atau tidaknya sebuah instrumen pengujian. Banyak diantara pengajar bahasa yang menganggap bahwa tes bahasa tidak memerlukan tahapan pengujian yang sering dipandang rumit. Hal tersebut amat disayangkan apabila dikaitkan dengan manfaat dari sistem pengujian itu.
Paparan umum evaluasi tentu saja berlaku untuk tes bahasa, termasuk dalamnya tes bahasa Indonesia. Dalam pengujian instrument evaluasi pengajaran bahasa Indonesia, setidaknya uji empirik bisa dilakukan secara sederhana namun tetap memenuhi kriteria alat evaluasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran

Makalah Analisis Wacana dalam Pembelajaran Bahasa

Reliabilitas Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa