Evaluasi Pembelajaran Bahasa
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen pembimbing :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Nama : Kunzita Lazuardy R.
Prodi : PBSI 2016B
NIM : 16188201036
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan
Secara umum dapat dikemukakan bahwa testing bahasa
(language testing) secara garis besar dibagi atas empat kelompok yaitu 1)
proficiency, 2) placement, 3) diagnosis, 4) achievement. Sedangkan, untuk
mengubah skor mentah menjadi skor standar, yakni dengan criterion-referenced
test dan norm referenced test.
Paparan umum
evaluasi tentu saja berlaku untuk tes bahasa, termasuk dalamnya tes bahasa
Indonesia. Dalam pengujian instrument evaluasi pengajaran bahasa Indonesia,
setidaknya uji empirik bisa dilakukan secara sederhana namun tetap memenuhi
kriteria alat evaluasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Pengujian
validitas tes, reliabilitas tes, dan uji signifikansinya juga hal yang penting
dilakukan. Rangkaian pengujian alat evaluasi ini bermakna diterima atau
tidaknya sebuah instrumen pengujian. Banyak diantara pengajar bahasa yang
menganggap bahwa tes bahasa tidak memerlukan tahapan pengujian yang sering
dipandang rumit. Hal tersebut amat disayangkan apabila dikaitkan dengan manfaat
dari sistem pengujian itu.
Komentar
Posting Komentar